PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI ANAK USIA DINI MELALUI PENDEKATAN METODE PEMBELAJARAN MONTESSORI

Main Article Content

Titi Usnah
Wafa Syahidah
Mela Melati Soleha

Abstract

Kemandirian pada anak usia dini perlu dikembangkan karena kemandirian adalah salah satu tugas perkembangan anak usia dini yang dapat distimulasi dengan berbagai metode, salah satunya yaitu melalui metode pembelajaran Montessori. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan metode Montessori dalam pembentukan karakter mandiri pada anak usia dini di Safaraz Islamic Preschool. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah kepala sekolah Safaraz Islamic Preschool, adapun sumber data sekundernya yaitu dari referensi buku dan jurnal yang terkait dengan pendekatan metode Montessori dan kemandirian anak usia dini. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diketahui bahwa penerapan pendekatan metode Montessori dalam pembentukan karakter mandiri anak usia dini di Safaraz Islamic Preschool sudah dilaksanakan dengan baik mulai dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran serta dalam pembentukan karakter anak dapat melayani dirinya secara mandiri.

Article Details

Section
Articles