MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK MELALUI PERMAINAN MONOPOLI TEMATIK

Main Article Content

Maulida Rahma Susanti
Istiqomah Giyono
Diana Ayu Kurnilia
Suci Ahirotunisa

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan upaya yang dilakukan untuk mengembangkan seluruh kemampuan dan keterampilan anak termasuk dalam aspek membaca. Membaca permulaan sangat penting bagi anak usia dini karena menjadi dasar bagi kemampuan dan keterampilan membaca anak di tahapan berikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan anak melalui permainan monopoli tematik. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah anak usia dini kelompok A Taman Kanak-Kanak NU Al-Madani, Wonosobo. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui wawancara dengan guru kelas, observasi dan dokumentasi selama 3 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media monopoli tematik dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia dini kelompok A di TK NU Al-Madani. Sebelum dilakukan penelitian, kemampuan membaca permulaan anak usia dini kelompok A TK NU Al-MadaniĀ  menunjukkan bahwa 10% anak Mulai Berkembang (MB) dan 90% anak Belum Berkembang. Setelah dilakukan penelitian selama 3 kali pertemuan, kemampuan membaca permulaan anak meningkat 50%. Penelitian menunjukkan bahwa 40% anak belum berkembang dan 60% anak Mulai Berkembang (MB). Hal ini menunjukkan bahwa permainan monopoli tematik dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak.


Kata kunci: membaca permulaan, monopoli tematik

Article Details

Section
Articles