PERSEPSI GURU TERHADAP PEMAHAMAN ASSEMENT FISIK MOTORIK ANAK USIA DINI

Main Article Content

Maulidya Venus Annisa Maulidya
Siska Dwi Elvita Siska
Silvi Ananda Suwandi Silvi
Putri Hardianti Putri
Mutiara Maiesa Putri Putri
Masyunita Siregar Yuni

Abstract

Asesmen fisik motorik  adalah suatu proses tertentu untuk mengumpulkan informasi atau mengumpulkan data tentang proses perkembangan fisik motorik siswa dengan menggunakan proses yang sistematis. Ada berbagai macam jenis assasement fisik motorik maka dari itu tujuan dari penelitian kami ialah untuk mengetahui apa saja jenis assasement fisik motorik yang digunakan di TK dan KB Al Falah Kota Jambi. Desain penelitian ini adalah metode penilitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara kepada tiga orang guru di TK dan KB Al Falah Kota Jambi. Dari hasil analisis data, peneliti dapat menyimpulkan ditemukan  perkembangan fisik motoric anak telah memenuhi standar penilaian perkembangan anak usia dini, anak semua biasanya melakukan kegiatan seperti bermain, melompat, berjalan, menulis, dan meronce.Kemudian , dapat diketahui bahwa  bentuk assasement disekolah itu menggunakan anekdot, hasil karya,dan foto berseri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa disekolah anak yang fisik motoric nya terlambat guru menggunakan kegiatan stimulus fisik motoric seperti  kegiatan belajar ketika mengajarkan tugas, menyusun kartu huruf, membentuk menggunakan play dough dan lain lain. Jika di luar kelas biasanya ada kegiatan senam atau bermain permainan yang ada di sekolah. Jika ada anak yang fisik motoriknya belum sebaik teman nya yang lain atau ia tidak mengikuti kegiatan yang dilakukan  biasanya membiarkan terlebih dahulu apa yang ingin anak kerjakan, lalu setelahnya mulai membujuk anak agar  mau mengikuti temannya yang lain.

Article Details

Section
Articles