KONSEP MANAJEMEN KELAS BERBASIS SENTRA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Main Article Content

Achmad Fadlan
Husin Husin
Siti Miftahul Khairani

Abstract

Pengelolaan kelas merupakan salah satu sistem dalam pembelajaran yang mana merupakan acuan atau standar dalamproses aktivitas guru dalam mengajar. Untuk membuat suatu aktivitas pembelajaran yang kondusif maka tenaga pendidik harus mampu menciptakan suasana yang menarik salah satunya ialah dengan pembelajaran sentra yang berpusat pada kemampuan anak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui konsep pengelolaan kelas di RA Dharma Wanita terutama dalam pembelajaran sentra Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah kepala sekolah RA Dharma Wanita dan guru adapun sumber data sekundernya yaitu dari referensi buku dan jurnal yang terkait dengan pengelolaan kelas dan teori sentra. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian tersebut bahwa pengelolaan kelas di RA tersebut sudah sangat baik dengan penataan ruang kelas dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru.


 

Article Details

Section
Articles