KOMPETENSI LITERASI DIGITAL PENDIDIK ANAK USIA DINI MENGHADAP TANTANGAN PEMBELAJARAN ERA 4.0

Main Article Content

Yusria Yusria
Sapriya Utami
Dewanti Dewanti
Miftahul Jannah

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk melihat kompetensi literasi digital pendidik anak usia dini menghadapi tantangan pembelajaran masa revolusi industri yang bermuara pada perkembangan informasi dan komunikasi tanpa batas. Pendidik anak usia dini sebagai pelaku dalam proses pembelajaran dituntut untuk memiliki cara berpikir kritis dan inovatif. Kompetensi literasi digital bagi pendidik anak usia dini diera revolusi 4.0 harus mampu mengembangkan diri dalam rangka menunjang pembelajaran. fokus era digital tidak hanya pada fasilitas pembelajaran, akses internet, dan sumber daya online, tetapi juga pada kesiapan guru untuk melek dalam literasi digital menjadi hal yang paling penting dalam rangka menghadapi pembelajaran digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menganalisis kondisi nyata lapangan. Subjek penelitian ini adalah pendidik anak usia dini, Teknik pengumpulan data bermula dari observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan analisis reduksi, display dan kesimpulan data.

Article Details

Section
Articles